Saturday, 5 January 2013

Olahraga Selama 15 Menit Dapat Memperpanjang Umur

HALLO FREND....
Malam Minggu dmna nih.....??? hehe

nah Frend.. Mumpung besok hari minggu, waktu yang paling tepat untuk berolah raga..... betul ngak?? hehe


berbicara masalah olahraga, kata orang sih Olahraga selama 15 menit dapat memperpanjang umur (asalkan janagn berolah raga di Rell kereta api ajaa nati malah memperpendek umur.... haHAhaHA)

Begitu banyak manfaat Olahraga, terutama bagi tubuh, maka tidak mengherankan jika tidak bisa di kalkulasi. Olahraga tidak hanya menambah kesegarandan kebugaran tubuh. Olahraga Rutin dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menerima suplay oksigen dan nutrisi, serta mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Hasilnya, tubuh menjadi sehatdan kulit pun tampak cantik merona. Selain itu, Olahraga yang teratur mampu memperkuat otot, mengurangi resiko beberapa penyakit, dan meningkatkan kesejahtraan mental.


Baru-baru ini, para peneliti dari Taiwan menemukan fakta bahwa olahraga, setidaknya selama 15 menit per hari, dapat memperpanjang umur selama 3 tahun. adapun studi baru lainya yang diterbitkan oleh Journal Sport Medicine menerbitkan pendapat yang berbeda tentang lamanya tambahan usia bagi orang yang berolahraga selama 15 menit per hari. Dalam Data Journal Spor Medicine, yang berisi umur para peserta  Tour de France, mereka ternyata memiliki umur lebih panjang sampai 17% lebih lama dari pada masyarakat pada umumnya.

Menurut Peneliti, selama ini, kebanyakan orang Berpatokan  pada pedoman yang mengatakan olahraga harus dilakukan  30 menit dalam se hari dan 5 hari dalam seminggu. Padahal dengan menerapkan dosis yanglebih rendah, dapat lebih memotifasi seseorang agar mau berolahraga.

sebagaimana dilansir dari finroll.com, penelitian terbaru yang dipimpin oleh peneliti di Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional di Taiwan tersebut berusaha menentukan apakah berolahraga kurang dari setengah jam yang disarankan masih bisa membantu lah ini. Para peneliti mencatat bahwa Asia Timur, termasuk Cina, Jepang dan Taiwan  umumnya kurang aktif secara fisik dari rekan-rekan Barat mereka, dan latihan mereka kurang intens.

Sekitar 416.000 orang dewasa Taiwan ditanyai berapa banyak latihan yang mereka lakukan bulan sebelumnya. Berdasarkan jawaban mereka dimsukan kedalam 5 kelompok dari berbagai tingkat aktifitas. Para peneliti terus melacak kemajuan mereka selama 8 tahun pada harapan hidup rata-rata dan hasil hitungannya di proyeksikan. Hasilnya mengejutkan, mereka yang berlatih rutin setiap 15 menit per hari, ternyata dapat terhindar dari penyakit kangker dan jantung. Hrapan hidup mereka juga panjang sampai 3 tahun kedepan dibanding yang tidak melakukan latihan sama sekali. baik peria dan wanita mendapat manfaat yang sama dari aktifitas minimun itu.

Penelitian yang dilakukan di Taiwan dan dimuat di Jurnal kedokteran TheLancet ini menyebutkan, semakin banyak berolahraga, semakin banyak manfaat kesehatan yang didapat. Kecendrungan ini terlihat ketika seseorang berolahraga hingga 100 menit per hari. para ilmuan dari Institut Penelitian Kesehatan Nasional di Taiwan yang melakukan kajian  ini juga mengatakan bahwa berolahraga selama 15 menit sehari atau 90 menit sepekan mengurangi resiko kematian hingga 14 %.

Oleh karena itu, Olahraga tidak harus berlam-lama, cukup 15 menit perhari, tubuh bisa semakin fit dari pada sebelumnya. Para peneliti lantas menganjurkan bahwa siapapun yang disibukkan dengan pekerjaan, perlu meluangkan waktu untuk olahraga. Bagi orang tua harus  diperhatikan bahawa olah raga tidak hanya untuk kaum muda namun juga bagi orang orang yang sudah lanjut usia.

sebua studi yang dilakukan olehn peneliti Israel Dr Jacobs dari Hadassa Hebrew University Medical Center di Yerusalem mengungkapkan bahwa setua apapun seseorang berolahraga tetap memberikan efek positi. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa berolahraga dapat memperpanjang umur selama beberapa tahun bahkan mereka yang berumur 80-an. Orang yang berumur 85 tahun dan memiliki kebiasaan berolahraga memiliki kesempatan hidup 3x lebih besar dari pada mereka yang tidak.

0 comments:

Post a Comment

Followers