Sunday, 5 June 2016

5 Pantangan Makanan Saat Berbuka Puasa.





fast food Saat puasa, tubuh banyak kekurangan cairan jika kita tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan bergizi. Namun, banyak di antara kita belum tahu bahwa saat puasa sebaiknya menghindari mengkonsumsi beberapa hal yang justru akan membuat tubuh menjadi lemas.
Menghindari beberapa hal yang dapat membuat puasa menjadi lemas itu perlu loh. Agar tubuh tetap sehat dan kuat saat puasa, ada baiknya menghindari hal-hal berikut ini:


1. Buka puasa tanpa manis
Banyak orang mengira bahwa berbuka dengan yang manis adalah yang utama. Padahal, secara medis bahkan agama pun sebenarnya tidak menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis loh. Selama ini, anggapan berbuka dengan yang manis itu ternyata disalah-artikan oleh banyak orang.
Jika Rosul menganjurkan untuk berbuka dengan kurma terlebih dahulu lalu diartikan dengan makanan atau minuman manis, itu salah kaprah. Karena, bisa jadi makanan dan minuman atau bahkan kurma yang dikonsumsi oleh banyak orang telah mengandung pemanis buatan yang justru membahayakan bagi tubuh, berbeda dengan kurma di zaman nabi.
Menurut medis, gula darah saat puasa adalah normal. Jika saat berbuka diberikan makanan atau minuman manis, hal tersebut akan membuat gula darah melonjak secara drastis dan berbahaya bagi penderita diabetes. Jadi, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman manis langsung saat berbuka ya.

2. Hindari soda dan makanan cepat saji
Tak hanya saat puasa, sehari-harinya, mengkonsumsi makanan cepat saji dan soda berbahaya bagi kesehatan tubuh, terlebih saat puasa dimana tubuh tidak mendapatkan asupan selama 13 jam. Mengkonsumsi makanan cepat saji dan soda akan menyebabkan perut kembung dan dapat berakibat pada muntah-muntah jika tubuh melawan masuknya makanan tersebut.

3. Hindari minum es
Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari mengkonsumsi es. Hal ini memudahkan tubuh menyerap sari-sari makanan yang telah dicerna lambung. Selain itu, es juga dapat memberikan efek kenyang berlebih, akibatnya tubuh malas untuk makan makanan yang bergizi.

4. Jangan makan besar
Saat buka puasa tiba, sebaiknya Anda jangan langsung menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami kekenyangan dan berakibat malas saat tarawih.

5. Sahur tanpa lemak
Saat sahur, sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan, cokelat, dan keju. Meski banyak pantangan, pada dasarnya, tubuh tidak responsif terhadap jenis makanan-makanan tersebut saat sahur loh, Ladies.

Mengkonsumsi makanan cepat saji dan soda akan membuat perut kembung yang dapat berakibat pada muntah-muntah. Sedangkan mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan peredaran darah dapat terganggu karena kandungan minyaknya. Cokelat dan keju dilarang karena terlalu berlemak yang dapat mengakibatkan sulitnya pengosongan pada lambung dan justru akan menaikkan asam lambung. Sebaiknya, konsumsi susu rendah lemak saat sahur. Selain kenyang lebih lama, tubuh pun kuat.
Sumber : Vemale.com

1 comments:

Post a Comment

Followers