Sunday, 5 June 2016

Trik Menahan lapar saat menjalankan puasa, salah satunya jangan tidur setelah sahur,!


Pangan protein yang dikonsumsi saat sahur dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Beda ketika kita mengonsumsi banyak karbohidrat, belum ada setengah hari rasa lapar sudah menghantui.

"Hindari roti putih atau bubur nasi. Kalau mau konsumsi karbohidrat kompleks, kayak beras merah atau roti gandum yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah, MS. PhD ditulis Jumat (27/5/2016).



Roti putih, nasi putih, atau makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi akan mempercepat turunnya gula darah sehingga mempercepat munculnya rasa lapar.

Protein memiliki fungsi yang berhubungan dengan jaringan dan otot. Meski menyimpan energi, protein tidak berfungsi sebagai cadangan makanan layaknya lemak. Protein telah sejak lama dikaitkan dengan kesehatan rambut, otot, saluran cerna, tulang, otak, jantung, dan kulit.

Ia juga mengingatkan agar tidak melupakan sayuran, buah-buahan, dan air putih. Kapan waktu terbaik mengonsumsi buah-buahan, Prof Hardin mengatakan, kapan pun waktunya baik asal tidak bikin kekenyangan.

"Nah, asupan terakhir yang masuk ke dalam mulut adalah air putih untuk meminimalkan dehidrasi yang dialami selama berpuasa," kata Hardinsyah menambahkan.


Ketika berpuasa, hal utama yang paling dilarang dan bisa membatalkan puasa adalah makan dan minum di siang hari. Pada kondisi awal puasa, tubuh belum terbiasa dengan keadaan ini, biasanya tubuh akan cepat merasa lapar dan haus. Kondisi cuaca juga berperan besar dalam mempengaruhi hal tersebut.

Selain itu aktiftas tubuh juga sering meminta banyaknya asupan air, dan tentu saja hal itu menjadi hal yang begitu menggoda bagi anda yang berpuasa.

Untuk menghadapi hal tersebut, anda arus punya trik khusus untuk menahan lapar dan haus ketika puasa, tentunya trik ini bebas dari hal-hal yang membatalkan puasa, ataupun hal-hal yang bisa mengurangi amalan ibadah puasa kamu.

Apa saja sih trik untuk menahan lapar dan haus ketika puasa, yuk simak ulasan berikut:

1. Laksanakan Sunnah Makan Sahur Diwaktu Akhir

Roslullah SAW, telah menyarankan agar kita makan sahur diwaktu akhir. selain sunah tersebut akan mendatangkan keberkahan, ternyata juga ada manfaatnya lho untuk kamu. Makan sahur diwaktu akhir akan membuat waktu kamu berpuasa lebih efisien. Namun hindari makan dengan cara terburu-buru dan tergesa-gesa, karena itu akan membuat kamu lebih cepat lapar di pagi hari. Setidaknya 30 menit sebelum masuk waktu Imsyak, merupakan saat yang tepat untuk makan sahur

2. Tidur Setelah Sahur Atau Setelah Sholat Subuh

Hati-hati, jangan tidur lagi setelah makan sahur atau sholat subuh. Karena pada saat itu, Metabolisme tubuh kamu akan menjadi sedikit lebih cepat. Selain itu, saat tidur cairan tubuh kamu akan lebih sering digunakan oleh tubuh dalam metabolisme tadi. Karena itulah, ketika kamu bangun, kamu akan merasa lebih haus dan merasa lapar.

3. Minum Air Putih Sedikitnya 2 Gelas Ketika Sahur

Ketika berpuasa, bukan berarti kebutuhan tubuh akan air menjadi berkurang. Anda harus teap mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari. Hal ini sebenarnya mudah dilakukan, caranya:

    2 Gelas ketika waktu sahur.
    4 Gelas ketika berbuka
    2 gelas saat sebelum tidur

4. Hindari Makanan dan Minuman Manis Ketika Sahur

Makan dan minuman manis sebaiknya anda hindari. Hal ini disebabkan gula yang terdapat pada makanan dan minuman manis tadi membutuhkan air untuk mengolahnya didalam tubuh agar berjalan sempurna. Hal ini akan menyebabkan anda lebih cepat merasa haus.

5. Sebaiknya Jangan Sahur Dengan Mie Instant

Selain memang tidak terlalu baik untuk kesehatan, mengkonsumsi mie instant ketika sahur hanya akan membuat anda lebih cepat merasa haus pada pagi harinya, hal ini sudah umum terjadi. Selain itu, anda juga akan cepat merasa lapar karena mie instant memang tidak stara dengan makanan berserat pada umumnya yang seharusnya dibutuhkan tubuh ketika menghadapi puasa.

Nah, itu dari adalah beberapa cara untuk menahan lapar dan haus ketika puasa. Dismaping lima hal tadi, menahan amarah juga sebaiknya dilakukan, karena ketika marah, hormon adrenalin anda akan bekerja extra, hal ini akan membuat anda lebih cepat lapar dan haus. Selamat mencoba.

Sumber:teman-teman Blogger.

1 comments:

  • Agaricpro says:
    19 February 2017 at 04:15

    Biasanya kebanyakan setelah sahur dan solat subuh langsung tidur hehe,, terimakasih banyak nih atas infonya

Post a Comment

Followers