handphone-tablet

Saturday 18 April 2015

CARA MENDIAGNOSA KANGKER PROSTAT

APA ITU KANGKER PROSTAT??
Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut dibawah kandung kemih pria yang Fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani. Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat namun merupakan kanker ganas, dan kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain, khususnya tulang dan kelenjar getah bening.
Menurut laporan interim Singapore Cancer Registry, periode 2006-2010, kanker prostat merupakan kanker paling umum ke-3 untuk pria di Singapura, dengan lebih dari 500 kasus terdiagnosa setiap tahun dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini. 

 APA SAJA GEJALANYA??
Pada kebanyakan kasus, tidak ada gejala yang terlihat, dan dipercaya bahwa sebanyak 80% pria yang mencapai usia 80 tahun terkena kanker prostat. Karena dalam kebanyakan kasus, kanker tumbuh lambat, umunya mereka meninggal akibat sebab lain atau usia lanjut tanpa menyadari bahwa mereka terkena kanker.
Saat gejala muncul pada stadium lanjut, yang terasakan adalah hilangnya berat badan, sakit panggul, sakit punggung atau pinggul dan kesulitan buang air kecil, seperti rasa terbakar atau sakit ketika buang air kecil atau terdapat darah pada urin. 

BAGAIMANACARA MENDIAGNOSANYA?

Tes skrining untuk pendeteksian dini

  • Digital Rectal Examination (DRE) – prosedur ini dilakukan oleh dokter dengan menggunakan jari yang disarungkan untuk memeriksa bagian rektum. Dokter akan dapat merasakan gumpalan atau pertumbuhan dari kanker prostat.
     
  • Tes Prostate-Specific Antigen (PSA) Test – Tes ini merupakan tes awal paling umum dilakukan untuk mendeteksi kanker prostat. Yang dilakukan dalam tes ini adalah memeriksa kadar PSA – yaitu protein yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar prostat – dalam darah. Semakin tinggi kadarnya, semakin besar kemungkinan terdapatnya kanker, walaupun faktor-faktor lain dapat menyebabkan naiknya kandungan PSA.
 

Tes untuk mendiagnosa kanker prostat

  • Biopsi Prostat - bila terjadi dugaan kanker prostat, prosedur yang dilakukan adalah biopsi – yang mengangkat jaringan sampel untuk diperiksakan. Bilamana hasilnya ternyata positif, maka dibutuhkan scan tulang atau scan menggunakan komputer dilakukan pada daerah panggul untuk memastikan seberapa jauh kanker telah menyebar.
     
  • Ultrasound Trans-rektal – Prosedur ini menggunakan gelombang suara untuk memperoleh visualisasi kelenjar prostat. Prosedur ini paling sering digunakan bersamaan dengan prosedur biopsi untuk memandu jarum menuju kelenjar prostat dimana diduga terdapat tumor.


Tes sesudah kanker didiagnosa

  • PSA Levels – Saat kanker positif terdiagnosa, tingkat PSA dapat membantu memastikan penyebarannya. Bila tingkat PSA dibawah 20ng/ml, maka kemungkinan besar kanker belum menyebar ke organ tubuh lain. Tingkat PSA lebih dari 40ng/ml merupakan indikasi kuat bahwa kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Tes Metastasis – Bila biopsi telah mengindikasikan adanya kanker, tes lain harus dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kanker telah menyebar. Scan tulang dan x-rays dapat memastikan apakah kanker telah menyebar hingga ke tulang. Scan CT atau MRI lebih lanjut dapat mencari lokasi kanker secara tepat.
     

Penilaian dalam Kanker Prostat

Kanker prostat dinilai berdasarkan sistem Gleason, yang mengukur tingkat organisasi sel kanker yang ada dengan menggunakan mikroskop.
Grade 1: Jaringan kanker terlihat seperti jaringan prostat normal.
Grade 2 hingga 4: Beberapa sel tampak seperti sel normal, namun beberapa tidak terlihat normal. Terdapat perbedaan yang sangat jelas antara sel normal dan tidak normal.
Grade 5: kanker dan pola pertumbuhannya tampak sangat tidak normal.
Karena kanker prostat sering memiliki area dengan nilai yang berbeda, sebuah nilai ditentukan untuk 2 area di mana terdapat paling banyak sel kanker. Kedua nilai tersebut kemudian dijumlahkan untuk memperoleh nilai Gleason dengan skala antara 2 dan 10.
Nilai Gleason kurang dari 6 mengindikasikan kanker yang tidak ganas. Sementara nilai 7 ke atas mengindikasikan kanker yang sangat agresif yang dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat. 

Bagaimana mengobati kanker prostat?

Dalam beberapa kasus, karena kanker prostat butuh waktu yang lama untuk tumbuh, maka pengobatan memiliki resiko tersendiri. Dokter dapat saja memilih untuk memonitor tumor daripada mengobatinya dengan segera. Hal tersebut disebabkan oleh tergantungnya pengobatan terhadap beberapa faktor seperti, stadium kanker, gejala, umur, serta kondisi umum dari kesehatan pasien.

Bedah

 

Terapi Radiasi

     
Saat pengobatan telah ditentukan, prosesnya dapat melibatkan pengangkatan kanker melalui prosedur bedah, dengan mengangkat kelenjar prosat, bila kanker hanya setempat saja. Peluang kesembuhan total sangatlah tinggi pada kasus-kasus seperti, namun dapat menimbulkan efek samping kekurangan urinasi atau impotensi   dengan menggunakan sinar berenergi tinggi yang diarahkan untuk membunuh sel-sel kanker. Prosedur ini dapat digunakan saat kanker hanya setempat saja
     

Terapi Hormon

 

Kemoterapi


   
Prosedur ini dapat digunakan untuk mengobati kanker yang telah menyebar lebih jauh dari prostat dimana hormon digunakan untuk melawan efek dari testoteron dan memperlambat tumbuhnya kanker.   Sesekali waktu dalam beberapa kasus, kemoterapi digunakan untuk meringankan atau menghilangkan efek dari gejala kanker prostat bilamana prosedur pengobatan lain dinilai kurang efektif.
 
Apa pendekatan yang terbaik dalam pengobatan?
Pengembangan rencana pengobatan oleh tim multi-disiplin – terdiri dari bedah payudara, spesialis patologi, spesialis radiologi, radiasi onkologi & onkologi medis, pekerja sosial dan perawat payudara – untuk melakukan diagnosa, merawat serta menangani kondisi pasien telah terbukti dapat meningkatkan hasil pengobatan yang dijalani pasien kanker
Sumber : Blogger (parkwaycancercentre.com)

0 comments:

Post a Comment

peralatan rumah tangga

Followers